Esensi dari Suatu Perjalanan Jauh

Posted on
Esensi dari Suatu Perjalanan Jauh

 

Hidup kita sebenarnya merupakan sebuah perjalanan. Kita mengisinya dengan berbagai hal, untuk membuat hidup itu menjadi berwarna. Bagaimana kita mengisinya, itulah yang akan menentukan bagaimana hidup kita, apakah kita menjadi orang yang berguna, ataukah justru sebaliknya ?

 

Setiap orang (termasuk ane) pastinya pernah melakukan perjalanan. Entah itu tujuannya ke luar kota, luar provinsi, atau ke negeri antah berantah, eh… maksudnya ke luar negeri, pastinya melalui suatu perjalanan juga. Perjalanan tersebut, bergantung pada destinasinya sendiri, apakah itu dekat atau jauh. Atau bergantung pada jalur untuk mencapai destinasi tersebut, apakah itu jalur darat, perairan maupun udara.

 

Kita melakukan perjalanan, dengan harapan kita dapat mencapai tujuan dengan selamat. Selama perjalanan tersebut, banyak sekali hal yang dapat ditemui atau dilakukan. Agar perjalanan tersebut menjadi berkesan, kita perlu mengisinya dengan baik. Seorang supir saja, bisa saja lebih bersemangat dalam mengendarai mobilnya ketika ditemani obrolan-obrolan bersama teman-teman atau para penumpang ketimbang menyetir dalam kesunyian. Seperti dalam lagu Ebiet G. Ade, dalam lagunya bertajuk Berita Kepada Kawan, berikut penggalan liriknya:

 

Spoiler for Lirik

 

Esensi dari Suatu Perjalanan Jauh

 

Banyak sekali hal-hal yang dapat kita temukan di daerah yang sebetulnya cuman kita lewati aja, tanpa disinggahi. BIsa berupa kehidupan di perdesaan, kota kecil, atau kejadian-kejadian yang tak terduga. Namun, hal-hal tersebut tidak akan sering kita saksikan, terutama jika kita melewati jalur yang banyak jalan tolnya. emoticon-Big Grin

 

Selain itu, cerita-cerita dari sang supir juga menarik untuk didengar. Bisa saja cerita tentang pengalaman hidupnya, keluarganya, orang-orang terdekatnya, sampai hal-hal teknis seperti cara dia menyetir, atau curhatannya tentang perjalanan yang sedang atau akan dilewati. Menikmati pemandangan alam sambil dengerin curcol sang supir, ditemani ocehan dari teman-teman seperjalanan memang membuat perjalanan menjadi sangat nikmat yang bakal jarang kita temui (kecuali agan tipe tukang cabut emoticon-Stick Out Tongue).

 

Setiap perjalanan mempunyai esensi tersendiri untuk dinikmati. Kalau agan melakukan perjalanan melewati jalur perairan (A.K.A. naik kapal), agan bisa menikmati udara segar + angin kencang yang bertiup selama kapal berlayar. Lain lagi kalau agan naik pesawat. Pemandangan langit, kota dari ketinggian, suhu udara yang teramat dingin + fasilitas-fasilitas yang disediain maskapai pesawat bakal menjadi hal-hal yang umum agan temuin selama di dalam pesawat.

 

So, apapun ceritanya, tidak ada perjalanan yang tidak bisa dinikmati. Semua perjalanan itu enjoyable, tergantung bagaimana cara kita mengisinya. Seperti yang ane bilang tadi, kita bisa mengisi perjalanan tersebut dengan berbagai hal, apa saja yang dapat kita temui selama perjalanan tersebut.

 

Kalo agan punya cerita, ane terima dengan senang hati

 

TERIMA KASIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *